04 Desember 2015

Tolong Bagikan ya !! Perlu Anda Ketahui''Inilah Cara Membuat Sabun Alami Dari Biji Klerek yang Ramah Lingkungan TOLONG SEBAR LUASKAN ARTIKEL INI AGAR MAKIN BANYAK YANG TAHU DAN BERMANFAAT BUAT SEMUA !!



Kalau saya ingat terasa almarhum nenek saya telah lebih dahulu lakukan perduli lingkungan dari pada kami cucu-cucunya. Nenek saya senantiasa buang ampas kopi serta teh di pot tanaman, serta yang paling saya ingat yaitu beliau senantiasa mandi serta membersihkan memakai biji berwarna coklat kehitaman. Beliau menyebutnya Klerek. Tuturnya sabunan gunakan klerek lebih enak di tubuh, sedang membersihkan baju dengan klerek lebih bersih serta warna kain terus awet. Saya tak pernah cobanya, beberapa waktu terakhir saya teringat perihal biji klerek ini, sesudah saya membaca sebagian artikel bahwa deterjen dalam sabun sangatlah mengakibatkan kerusakan lingkungan, saya jadi mau banyak tahu perihal biji klerek ini.

Klerek nyatanya memanglah dari masa dulu dipakai untuk membersihkan kain batik, mandi, keramas bahkan untuk bersihkan perhiasan emas serta perak.

Bagaimanakah Klerek dapat berbusa ini lantaran biji klerek menandung saponin yang bisa bereaksi dengan air serta membuahkan busa sabun alami.

Klerek yaitu biji dari tanaman dengan nama latin Sapindus Trifoliatus. Klerek memiliki kandungan (+) – Saponin A, saponin C, sapindosid A, sapindosid B, emarginatoside-B, emarginatoside-C, karagenan, histamin, serotonin, zymosan, type II cyanolipids, asam lemak, asam oleat, asam arachidic, asam 11-iecosenoic, asam cisvaccenic, asam 13-eicosenoic.

Terkecuali dipakai juga sebagai sabun, Klerek juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit eksim, psoriasis. Menyembuhkan serta menyingkirkan bintik-bintik, epilepsi, Bermanfaat emetik, tonik, karakter zat serta anti-helmintic tanaman klerek dipakai untuk menyembuhkan asma. Akar serta kulit kayu dikira juga sebagai ekspektoran enteng serta penawar rasa sakit. (sumber : iloveindia. com)

Langkah bikin Sabun Klerek :
1. Siapkan biji klerek kurang lebih 30 butir lalu ambillah dagingnya saja serta buang isinya

2. Siapkan wadah untuk merebus, input daging biji klerek ditambah dengan air kurang lebih 3 liter lalu rebuslah kurang lebih 1/2 jam.

3. Umumnya bakal muncul busa, serta hal semacam ini mengisyaratkan bila zat saponin telah keluar dari daging biji Klerek serta tercampur dengan air saat di rebus.

4. Bila telah sekian angkat serta dinginkan, lalu saringlah serta input kedalam botol.

5. Sabun Klerek alami siap untuk digunakan.

0 komentar

Posting Komentar