07 Desember 2015

(((TOLONG SHARE INFO INI AGAR LEBIH BANYAK YANG TAHU)))''Inilah Solusi Jalan keluar dari Bahaya Membunyikan Tulang Sendi !!!





Sudahkah anda ketahui bahaya membunyikan tulang sendi? Saat badan kita merasa pegal atau kaku mungkin saja kita kerap membunyikan tulang persendian kita baik itu buku-buku jari, leher atau tulang belakang kita yang bikin badan kita jadi lebih santai. Apakah rutinitas ini membahayakan sendi serta dapat mengakibatkan artritis (nyeri sendi)? Tak, namun butuh di perhatikan bila telah menyebabkan rasa nyeri sesudahnya.

Asal
Darimanakah asal dari bunyi sendi itu? Bunyi itu dihasilkan oleh desakan negatif dari penarikan gas nitrogen kedalam sendi. Nada ‘retakan’ dapat juga terdengar bila tendon menghentak pada jaringan-jaringan yang dilaluinya. Bila menyebabkan rasa sakit, kemungkinan telah berlangsung pergantian susunan pada sendi 1.
Untuk membuktikannya, beberapa pakar coba bikin suatu jenis persendian untuk tahu darimana aslinya sumber bunyi saat kita meretakkan buku-buku jari serta bagimana dampaknya pada persendian. Berdasar pada hasil penelitian, di ketahui bahwa membunyikan buku-buku jari bisa menyebabkan keluarnya cairan sinovial yang bakal beralih jadi hawa berbarengan dengan keluarnya bunyi seperti retakan 2.

Bahaya


 " Bisa saja asal tak sering-sering, contoh 5 menit sekali dibunyikan, " kata Dr Michael Triangto, SpKO, ahli kesehatan berolahraga dari RS Mitra Kemayoran. Bila dikerjakan terlalu berlebih, umpamanya 5 menit sekali, jadi dapat mengakibatkan persendian alami keausan. Dalam periode panjang, bila rutinitas ini dilewatkan berlarut-larut dapat mengakibatkan osteoarthritis (OA) atau sejenis peradangan pada sendi.
Disamping itu, dokter spesialis bedah orthopedi dari Kampus Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT sama pendapat bahwa rutinitas ini baiknya tak jadikan rutinitas. Menurut dia, aksi ini dapat menyebabkan pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang. Pergeseran yang berlangsung pada bantalan tulang belakang menurut dr Benedictus dapat mengakibatkan penekanan pada sumsum tulang belakang. Aksi ini bisa mengakibatkan pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang (discus intervertebralis) yang bisa mengakibatkan penekanan pada sumsum tulang belakang ataupun syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang 3.

Panduan & Solusi
Apabila tubuh mulai pegal atau capek anda baiknya beristirahat dengan meregangkan otot tanpa ada membunyikannya, tersebut cara-cara menyingkirkan rasa pegal tanpa ada membunyikan sendi

1. Neck Side Stretch
Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lantas gerakkan kepala ke kanan. Dengan tangan kanan, tarik kepala ke arah kanan dengan pelan untuk melenturkan otot-otot leher samping. Tahan posisi ini sepanjang 10 detik serta ulangilah 3 kali. Kerjakan hal yang sama ke arah kiri.

2. Back Stretch
Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lantas tempatkan ke-2 tangan di belakang kepala. Tarik napas dalam-dalam sembari membusungkan dada. Tahan postur ini sepanjang 10 detik, ulangilah 3 kali.

3. Wrist Extension Stretch
Ulurkan tangan kanan lurus ke depan. Tekuk tangan pada pergelangan hingga telapak mengarah ke bawah. Dengan tangan kiri, tarik telapak serta jemari kanan ke arah Anda. Tahan sepanjang 20-15 detik serta ulangilah 2-3 kali. Kerjakan hal yang sama juga dengan tangan kiri.

4. Wrist Flexion Strech
Ulurkan tangan kanan lurus ke depan. Tekuk tangan pada pergelangan hingga telapak mengarah ke atas. Dengan tangan kiri, tarik telapak serta jemari kanan ke arah Anda. Tahan sepanjang 10-15 detik, ulangilah 2-3 kali. Kerjakan hal yang sama juga dengan tangan kiri.

5. Back Extension Stretch
Sembari berdiri, ulurkan ke-2 tangan lurus ke belakang. Genggam ke-2 tangan lantas tarik ke atas sembari membusungkan dada. Tahan sepanjang 10-15 detik, ulangilah 2-3 kali.

6. Front Flexion Stretch
Duduk tegak, lantas ulurkan ke-2 tangan lurus ke depan. Dorong ke-2 tangan ke depan sembari menghimpit perut. Tahan sepanjang 10-15 detik, ulangilah 2-3 kali.

7. Chair Squat
Diawali dengan berdiri tegak, ke-2 tangan diangkat lurus ke depan. Dengan perlahan-lahan, dorong pantat Anda ke arah kursi seakan bakal duduk, namun berhenti saat sebelum pantat menyentuh kursi. Lantas naik kembali pada posisi awal mulanya. Kerjakan 10-15 kali sejumlah 3 set.

8. Open And Close Hands
Dalam posisi duduk tegak, tekuk ke-2 telapak tangan Anda serta tahan sepanjang sebagian detik. Lalu buka ke-2 telapak tangan sembari berdiri melemaskan jemari sejauh mungkin saja.

9. Desk Chest Press
Tempatkan ke-2 tangan yang terulur sejauh dada di ujung meja dengan tubuh lurus, dada tegak. Turunkan dengan pelan tubuh Anda dengan menekuk siku ke arah luar hingga tegak lurus dengan badan Anda, lantas kembali pada posisi awal mulanya. Kerjakan 10-15 kali sejumlah 3 set

0 komentar

Posting Komentar